Subscribe

Photobucket

METRO7

  • Anang Hadiri Panen Raya - Tanjung, --Sektor pertanian dalam arti luas di kabupaten Tabalong disbanding kabupaten-kabupaten lainnya memang dirasakan kalah majunya, hal itu disebabka...
    1 hari yang lalu

Sabtu, 29 Mei 2010

Pengangguran Capai Puluhan Ribu

ngka pengangguran di Kabupaten Tabalong menembus angka puluhan ribu orang. Jumlah ini bisa dilihat dari juumlah pencari kerja yang mendaftarkan diri ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sampai pada bulan April lalu telah mencapai angka 6.669 orang. Jumlah itu belum lagi ditambah dengan siswa kelulusan SMA atau sederajat yang ju8ga dipastikan menambah angka tersebut.

“Kalau dihitung-hitung, jumlah yang pengangguran bisa puluhan ribu, kami disini saja hanya mencatat yang mendaftar saja. Kalau yang menganggur bisa lebih banyak lagi,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tabalong, Ahmad Rijali Noor ketika dikonfirmasi koran ini,” kemarin.
Untuk mengatasi hal tersebut, jelas Rizali, dinas telah melakukan upaya terbaik yang dapat dilakukan. Selain dengan menginformasikan penerimaan tenaga kerja baik dari kalangan perusahaan, serta dari pemerintah daerah sendiri yang juga melakukan penerimaan pegawai.
“Setiap tahun angka pengurangan. Kemarin saja ada 500-600 orang pekerja yang diterima direkrut untuk bekerja. Tetapi itu tidak mutlak jumlahnya per tahun,” katanya.
Pun begitu, dinas yang beralamatkan di Sulingan itu juga melakukan langkah alternatif lain untuk mengurangi angka pengangguran tersebut. Yaitu, dengan mengembangkan potensi Balai Latihan Kerja (BLK) yang masih dalam kepengurusannya, untuk terus memberikan peluang peningkatan keterampilan masyarakat.
“Ada beberapa kejuruan disana, pertukangan, mixed farming, dan lainnya. Dimana itu semua diharapkan untuk mengajarkan masyarakat membuat wirausaha sendiri,” kata Rijali.
Dengan adanya BLK, baik yang diadakan dalam bentuk program per kecamatan yang dikenal dengan Mobile Training Unit (MTU), juga ada yang dilaksanakan per kelas dimana selalu menampung 80 orang pertahun, untuk dipersiapkerjakan ke perusahaan dan pemerintahan yang berminat merekrut pesertanya.
“Dipastikan 70 sampai 80% mereka diambil, jadi tinggal sisanya saja,” katanya lagi.
Sekedar informasi, untuk BLK sendiri dalam pendaftaran tahun ini saja yang berminat semakin membludak, bahkan dari 80 orang peserta yang akan diterima menjadi anak didiknya, jumlah pendaftar mencapai 200 orang lebih. Dengan begitu, diharapkan pemerintah daerah setempat untuk memberikan ruang lebih untuk menampung sekian banyaknya pengangguran yang ada, guna pengurangan kemiskinan di Bumi Saraba Kawa.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pengangguran Capai Puluhan Ribu"