Subscribe

Photobucket

METRO7

Minggu, 29 Agustus 2010

Sidang PT PAK vs Pemkab Bartim

Kejaksaan Hadirkan 28 Saksi


T.Layang – Ahir-ahir ini konsentrasi masyarakat Bartim masih tertuju pada sidang kasus Jalan Eks Pertamina antara PT Puspita Alam Kurnia (PAK) dan PT SBY dengan Pemkab Bariro Timur (Bartim) di Pengadilan Negeri Tamiang Layang.

Kepala Pengadilan Negeri Tamiang Layang Berton Sihotang.SH,MH. melalui Humasnya Muliyawan.SH.MH didampingi satu orang rekannya Yohana.T.Pangaribuan,Sh.M.Hum saat ditemui Metro7 di Kantornya Rabu (25/8) mengatakan, saat ini pihaknya bersama majelis hakim akan menyidangkan dengan menghadirkan beberapa Saksi mengenai Kasus Dugaan Korupsi PT.PAK-PT SBY.
Muliyawan mengatakan, sampai saat ini mereka sudah menghadirkan sebanyak 15 orang saksi baik itu dari perusahan maupun dari Pemda Bartim sendiri. “Jumlah saksi yang akan dihadirkan sebanyak 28 orang, sedangkan 15 saksi sudah dihadirkan,” ujarnya.
Kepada seluruh saksi yang akan dihadirkan pada sidang lanjutan minggu ini, Muliyawan meminta agar dalam bersaksi memberikan keterangan yang sebenar-benarnya. Kalau berbicara data hendaklah dipersiapkan secara matang sebelum diajukan kepengadilan.
“Jangan sampai setelah sidang dibuka, saksi malah kebingungan karena tidak bisa memberikan keterangan yang akurat,” pintanya lagi.
Hal inipun lanjutnya juga berlaku bagi semua pihak, apakah itu saksi atau dari pihak terdakwa melalui kuasa hukum masing-masing harus memberikan keterangan yang benar dan sesuai dengan bukti-bukti akurat.
Disinggung mengenai terdakwa yang memperlihatkan sekeping Kaset (VCD) kemajelis hakim dan kenapa barang bukti tersebut baru diperlihatkan sesudah pemeriksaan dari Polda Kalteng, Muliyawan menjelaskan, kalau sidang itu bebas untuk siapa saja untuk memberikan bukti-bukti baru.
“Dalam sidang siapa saja boleh menunjukkan bukti-bukti baru karena sifatnya adalah pembelaan dari terdakwa, begitu juga dengan saksi silahkan saja, kemudian barang bukti itu akan dikembalikan lagi kepada yang bersangkutan,” tambah Muliyawan.
Karena sidang terbuka untuk umum, pihak PN Tamiang Layang menghimbau kepada warga masyarakat yang menghadiri jalannya sidang agar tetap menjaga ketertiban dan kenyamanan jalannya sidang. “Kita tidak menghendaki adanya tindakan brutal atau bentrok dari kedua kubu, dan ini hendaknya dapat disadari oleh pengunjung sidang nanti,” pintanya. (Xkasus/mjaya)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Sidang PT PAK vs Pemkab Bartim"